Waspada! BMKG Keluarkan Himbauan Potensi Hujan Badai di Jambi

Minggu, 07 Januari 2024 - 17:46:01 WIB

ilsutrasi hujan badai. BMKB mengeluarkan himbauan agar warga waspada ada potensi hujan badai di Jambi dan sejumlah wilayah di Indonesia
ilsutrasi hujan badai. BMKB mengeluarkan himbauan agar warga waspada ada potensi hujan badai di Jambi dan sejumlah wilayah di Indonesia

BMKG Imbau Warga Waspada, Potensi Hujan Badai Melanda Beberapa Wilayah di Indonesia

 

IMCNews.id-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di beberapa daerah untuk tetap waspada terhadap potensi hujan badai pada hari Minggu ini (7/1/2024).

Potensi hujan badai diprediksi terjadi di daerah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain daerah-daerah tersebut, hujan badai juga diperkirakan melanda beberapa wilayah lain, termasuk Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Wilayah lain yang perlu waspada terhadap potensi hujan badai meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Potensi hujan badai ini dipicu oleh cuaca ekstrem yang memasuki Indonesia sejak 3 Januari 2024 dan diperkirakan berlangsung hingga 10 Januari 2024.

Faktor seperti Monsun Asia Musim Dingin, aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO), dan gelombang Rossby turut berkontribusi pada intensitas hujan yang diprediksi cukup tinggi.

"Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga lima hari ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto.

Faktor dinamika lain yang memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terbaru. (*)



BERITA BERIKUTNYA