Bakal Dibangun dengan Intake, Stockpile yang Bakal Dibangun PT SAS Ancam Pasokan Air Bersih?

Rabu, 08 November 2023 - 08:11:59 WIB

Kunjungan ke lokasi rencana pembangunan stockpile PT SAS.
Kunjungan ke lokasi rencana pembangunan stockpile PT SAS.

IMCNews.ID, Jambi -Rencana pembangunan stockpile dan pelabuhan batuu bara di kawasan Aurduri, Telanaipura, Jambi, telah menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan serius dari berbagai pihak, termasuk Komisi II DPRD Kota Jambi.

Pada Selasa, 8 Agustus 2023 lalu, anggota Komisi II DPRD Kota Jambi turun langsung ke lokasi rencana pembangunan.

Mereka berkunjung ke Intake Aurduri yang berdekatan dengan lokasi pelabuhan yang direncanakan oleh PT Sinar Anugerah Sukses (SAS).

Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun, mempertanyakan apakah izin untuk proyek ini telah melalui kajian yang memadai.

Ia menyoroti fakta bahwa Intake Aurduri merupakan sumber air bersih yang disalurkan kepada masyarakat Kota Jambi, dan rencana pembangunan stockpile dan pelabuhan berada sangat dekat dengan Intake tersebut. Junedi Singarimbun menekankan bahwa jika masyarakat menolak rencana ini, maka izin proyek tersebut seharusnya ditinjau kembali.

Perumda Tirta Mayang, perusahaan yang mengelola Intake Aurduri, juga mengungkapkan keberatannya terhadap rencana pembangunan pelabuhan batu bara.

Direktur Teknik Perumda Tirta Mayang, Mustazal Khomidi, mengatakan bahwa proyek ini berpotensi mengganggu kinerja alat yang mengaliri sumber air bersih warga Kota Jambi.

Ia juga menyoroti potensi risiko dari lalu lintas tongkang besar yang mungkin bergesekan dengan Intake Aurduri, serta tumpahan-tumpahan batu bara di sungai yang bisa mengganggu kesehatan warga.

Intake Aurduri memberikan pasokan air bersih bagi sekitar 20 ribu pelanggan Perumda Tirta Mayang, yang terletak di wilayah Kecamatan Alam Barajo, Kota Baru, dan Telanaipura. (*)



BERITA BERIKUTNYA