Peringati Hari Keterbukaan Informasi, KI Jambi Ajak Alumni Diskusi

Selasa, 30 April 2024 - 21:56:49 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Hari Keterbukaan Informasi (HAKIN) 2024 diperingati dengan semangat kolaborasi dan refleksi di Provinsi Jambi. Komisi Informasi (KI) Provinsi Jambi menggelar acara silaturahmi dan diskusi yang melibatkan alumni Komisioner dari periode 2013-2017, 2018-2022, dan 2022-2026, serta Sekretaris KI Jambi, Selasa 30 April 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Ariansyah, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang melibatkan alumni tersebut. Menurutnya, melalui sharing pengalaman, KI dapat terus memperbaiki diri untuk mewujudkan keterbukaan informasi yang lebih baik di Jambi.

Ia juga menegaskan komitmen dukungannya terhadap KI Jambi sebagai upaya nyata untuk meningkatkan transparansi informasi di wilayah tersebut. Ketua KI Provinsi Jambi, Ahmad Taufiq Helmi, mengharapkan bahwa kegiatan ini akan memberikan masukan berharga dari senior KI Jambi untuk perbaikan di masa depan.

Dengan kerjasama antara generasi baru dan senior, diharapkan KI Jambi dapat terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dalam hal akses informasi.

Dalam rangkaian acara tersebut, diskusi dipusatkan pada strategi untuk meningkatkan akses informasi publik, peningkatan kualitas layanan KI, serta langkah-langkah konkret untuk mengatasi tantangan dalam implementasi undang-undang keterbukaan informasi di tingkat provinsi.

Komisioner KI periode 2013-2017 Zainuddin mengaku sebagai komisioner di lembaga KI yang baru terbentuk tentu banyak tantangan yang dihadapi. Mulai dari belum adanya kantor dan staf, dukungan anggaran yang sekedar saja serta pengetahuan persidangan yang masih minim.

"Kami berada pada kondisi KI baru terbentuk. Tentu tantangannya juga terkait infrastruktur di KI," katanya.

Sementara Orinaldi mengungkapkan soal eksekusi putusan KI yang belum maksimal sehingga bisa jadi kajian lebih lanjut. Hal serupa disampaikan Suherman.

"Kita berharap putusan KI bisa dieksekusi lebih baik. Jika tidak dilakukan badan publik harus menerima sanksi," katanya.

Sementara Topan berharap KI Jambi bisa terus membumikan KI di Jambi. Sehingga secara kelembagaan semakin kuat.

Sementara Amrizal mewakili mantan kepala sekretariat KI Jambi mengakui komisioner dan sekretariat harus sinergi agar biss menjalan tugas dan fungsi.

"Hari ini saya apresiais buat KI Jambi yang terus dikenal di Jambi, " katanya.

Selain itu, dalam suasana yang penuh semangat, para peserta juga berbagi pengalaman dan pembelajaran dari praktik terbaik yang telah dilakukan dalam menjalankan tugas mereka sebagai bagian dari KI Jambi. Hal ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perbaikan dan peningkatan kinerja KI Jambi di masa mendatang.

Acara tersebut juga menjadi momentum untuk memperkuat jaringan dan kerjasama antara para komisioner lama dan baru, serta menguatkan komitmen bersama dalam memajukan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan di Provinsi Jambi. Dengan semangat kolaborasi ini, diharapkan KI Jambi dapat terus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih terbuka dan bertanggung jawab di tingkat lokal.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan evaluasi terhadap capaian dan tantangan yang dihadapi oleh KI Jambi dalam memenuhi tugasnya sebagai lembaga pengawas keterbukaan informasi publik. Evaluasi tersebut menjadi landasan untuk merumuskan langkah-langkah strategis ke depan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi KI Jambi dalam menjalankan peran dan fungsi mereka.

Para peserta juga secara aktif terlibat dalam mendiskusikan inovasi-inovasi baru yang dapat diterapkan untuk memperkuat keterbukaan informasi di Jambi, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan memanfaatkan teknologi secara optimal, diharapkan KI Jambi dapat memberikan layanan yang lebih efisien dan responsif kepada masyarakat dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Acara silaturahmi dihadiri sejumlah alumni komisioner KI Jambi diantaranya Zainuddin, Suherman, Orinaldi, Topan. Mantan kepala sekretariat ada Dani, Amrizal, Khairul Fahmi, Gunawan, Sumaat dan kasek saat ini Berlina.(*)



BERITA BERIKUTNYA