Terbaru! Gubernur Jambi Minta Pengusaha Sadar, Selesaikan Jalan Khusus Batu Bara

Rabu, 10 Januari 2024 - 11:51:18 WIB

Gubernur Jambi Al Haris saat pertemuan mendengar keluahan para sopir angkutan batu bara
Gubernur Jambi Al Haris saat pertemuan mendengar keluahan para sopir angkutan batu bara

IMCNews.id, JAMBI- Ini pernyatakan terbaru Gubernur Jambi Al soal angkutan batu bara.Meski terus didesak dan didemo para sopir, Al Haris tetap tegas dengan keputusannya, tidak akan mencabut larangan angkutan batu bara melewati jalan nasional.

Penegasan terbaru ini disampaikan Al Haris disela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sarolangun.

Gubernur Al Haris malah semakin kencang dan bersemangat mendesak para pengusaha batu bara. Dia minta para pengusaha tambang batu bara sadar dan segera menyelesaikan pembangunan jalan khusus batu bara.

" Para pengusaha batu bara hendaknya dengan penuh kesadara menyelesaikan tanggung jawabnya membangun jalan khusus batu bara. Jangan hanya mengambil keuntungan saja dari bisnis batu bara, tetapi tidak mau berkorban," katanya.

Gubernur menegaskan adalah suatu kewajiban bagi para pengusaha batu bara membangun jalan khusus. 

Menurut dia, sesuai ketentuan dari perundang-undangan, setiap pengusaha wajib membangun jalan hauling, minimal jalan dari perusahaan mereka ke sungai.

 
 

“Selama ini mereka tahunya batu bara ini terjual saja. Padahal dalam aturannya, setiap pengusaha tambang yang akan menjalankan usahanya, harus menyiapkan jalur khusus batu bara mereka, minimal ke sungai,” tegas Al Haris.

Mengenai desakan para sopir batu bara yang meminta angkutan kembali diizinkan melewati jalan nasional, Al Haris kembali menegaskan tidak dapat memenuhinya. Apalagi untuk mwnyukseskan pemilu kelancaran arus lalulintas di jalan nasional sangat dibutuhkan.

“Agar semua lancar, teman-teman KPU membutuhkan jalur yang lancar untuk mengantarkan distribusi seperti kertas suara,” jelas Al Haris.

Gubernur juga mengatakan bahwa dalam BLT akan segera disalurkan kepada sopir truk batu bara yang terkena imbas dari kebijakan penghentian hauling di jalan nasional ini.

“Kita segera memberi BLT kepada para sopir batu bara. Sambil juga kita meminta pihak pengusaha tambang itu memikirkan hauling untuk batu bara mereka,” pungkasnya.(*)



BERITA BERIKUTNYA