KPU Provinsi Jambi Gencar Sosialisasi, Kejar Target Partisipasi Pemilih Perempuan

Selasa, 05 Desember 2023 - 21:25:47 WIB

KPU Provinsi Jambi mensosialisasikan perubahan PKPU kepada para pimpinan media di Jambi, Selasa (5/12/2023)
KPU Provinsi Jambi mensosialisasikan perubahan PKPU kepada para pimpinan media di Jambi, Selasa (5/12/2023)

IMCNews.id, JAMBI- Pemilu 2024 kurang dari tiga bulan lagi. KPU Provinsi Jambi terus gencar melakukan sosialisasi untuk mengejar target tingkat partisipasi pemilih. Pada Pemilu 2024 ini, KPU Provinsi Jambi secara khusus menargetkan partisipasi pemilih perempuan meningkat dibandingkan Pemilu 2019.

 Untuk mencapai target tersebut, lembaga penyelenggara Pemilu ini gencar melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat. Selain itu, sasaran lainnya adalah para generasi Z dengan melakukan kegiatan  sosialisasi 'goes to campus'.

 Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni mengatakan, pada pemilu 2019 partisipasi pemilih perempuan sekitar 82 persen. Nah..pada Pemilu 2024 ini mereka manaikan target menjadi 84-86 persen.

Menurut Iron, upaya untuk mencapai target tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi secara massif. Terutama di kalangan pemilih perempuan melalui berbagai kanal, seperti sekolah-sekolah, kelompok pengajian, organisasi perempuan, hingga ke panti jompo dan daerah terpencil.

"Ikhtiar pertama kami adalah meningkatkan volume sosialisasi pemilu, khususnya di segmen perempuan. Kami berharap, dengan dorongan dari berbagai pihak, partisipasi pemilih perempuan dapat mencapai 84-86 persen," katanya saat ditemui di acara sosialisasi Pemilu dengan para pimpinan Media di Hotel Aston, Kota Jambi, Selasa (5/12/2023).

Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Jambi, jumlah pemilih mencapai 2.676.107, dengan pemilih laki-laki 1.350.151 dan pemilih perempuan 1.325.956.

 “Kita berharap,  kalau kita lihat dinamika pergerakan pemilih perempuan, kami yakin tingkat partispasi bisa lebih tinggi. Kita dorong ke 84 hingga 86 persen, tentu dengan kerja kita bersama, KPU selaku penyelenggara  melaksanakan semua tahapan, sosialisasi, dan kita mendorong partisipasi semua pihak,” katanya.

 Komisioner KPU Provinsi Jambi Fachrul Rozi menambahkan, selain pemilih perempuan, pemilih milenial dan generasi Z Gen Z  juga jadi target untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2024. ‘’ Porsi pemilih milnial dan Gen Z ini juga cukup besar, ini salah satu sasaran kita untuk menaikkan target partisipasi pemilih di Pemilu 14 Februari 2024 nanti,’’ katanya.

 Fahrul Rozi menyebutkan,  dari 2.676.107 jumlah mata pilih di Jambi pada pemilu 2024, sebanyak 51,94 persen merupakan pemilih pemula. Makanya, KPU gencar melakukan sosialisi ke kalangan milenial dan Gen Z untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilu nanti.

 Salah satu upaya yang gencar KPU lakukan adalah melalui kegiatan  "Goes to School,". Kegiatan ini dilakukan di 441 titik di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi.

"Ini merupakan kewajiban kami sebagai penyelengara Pemilu untuk menginformasikan pengetahuan tentang pemilu kepada masyarakat, terkhusunya  kepada pemilih pemula. Kegiatan goes to school ini serentak kami lakukan di 441 titik di seluruh Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi,” ujar pria yang akrab disapa Paul ini.(*)

 



BERITA BERIKUTNYA