Presiden Jokowi Direncanakan Tinjau Jalan Rusak dan Aktivitas Batubara di Jambi

Selasa, 02 Mei 2023 - 08:04:04 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan melawat ke Jambi.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan datang pada hari ini, Selasa (2/5/2023). Sedangkan Wapres Ma’ruf Amin dua hari lagi, pada Kamis (4/5/2023). 

Kabarnya, selain dijadwalkan meninjau pasar tradisional di Kota Jambi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga direncanakan meninjau kondisi jalan rusak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan aktivitas angkutan batu bara.

Informasi lain menyebutkan, salah satu agenda kunker Presiden Jokowi ke Jambi adalah ke Geragai, Tanjung Jabung Timur.

Kabarnya di kawasan tersebut akan dibangun kilang gas terbesar dan pelabuhan penyangga untuk mendukung kawasan otoritas Batam menggantikan Singapura. Kemudian pengembangan kawasan Candi Muarojambi. 

Gubernur Jambi Al Haris membenarkan Presiden Jokowi akan melakukan kunker ke Jambi. Haris mengaku masih menunggu jadwal Presiden RI ke Jambi. 

“Rencana ini masih tetap, Tanjab Timur dan batu bara masih tetap,” katanya, Senin (1/5/2023).

Menurut Al Haris, jadwal kedatangan presiden masih tentatif antara tanggal 2 atau 3 Mei. 

"Saat ini kita masih menunggu konfirmasi, karena Pak Presiden sekarang di Lampung posisinya. Kapan pastinya beliau sampai ke Jambi, kita masih menunggu informasi dari Protokol Istana," jelasnya.

Lebih lanjut Al Haris menjelaskan, rencana awal selama di Jambi Presiden Jokowi akan meninjau jalan yang paling parah di Kabupaten Tanjab Timur. 

Kemudian dilanjutkan meninjau jalan nasional yang digunakan untuk aktivitas angkutan batu bara. 

"Tapi semuanya belum pasti. Tim dari Istana sudah meninjau semua lokasi. Tinggal lagi nanti titik mana yang beliau akan didatangi," katanya. 

Sementara itu, dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi, Senin siang (1/5/2023), Gubernur Jambi Al Haris meninjau dua lokasi pasar di dalam Kota Jambi. 

Gubernur yang didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlihat mengecek Pasar Handil dan di lanjutkan ke Pasar Talang Banjar.

"Kita baru persiapan, meninjau lokasi pasar yang akan di kunjungi oleh bapak Presiden," katanya. 

Menurut Haris, mau hari apa dan tanggal berapa Presiden RI berkunjung, pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan dengan baik. Di mulai dari fasilitas sampai kebersihan pasar.

"Kita ingin persiapan maksimal semuanya. Pasar bersih, kemudian pedagang juga ada sehingga beliau (Presiden RI) bisa berinteraksi dengan masyarakat pedagang kita semuanya," pungkasnya. 

Di bagian lain, Polda Jambi sudah melakukan persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Provinsi Jambi. 

Apel kesiapsiagaan tersebut dipimpin Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Pol Nadi Chaidir di Makosat Brimob Polda Jambi, Senin (01/5/23). 

Kombes Pol Nadi Chaidir mengatakan Apel Kesiapsiagaan ini dalam rangka Pengamanan (Pam) Kunjungan Kerja (Kunker) R1 dan R2 ke Provinsi Jambi bagi personel Satbrimob Polda Jambi. 

"Kita gelar di Makosat Brimob, Mako Yon B Por, dan Mako Yon C Por Satbrimob Polda Jambi," katanya, Senin (1/5/2023). 

Menurut Nadi, apel ini juga dalam rangka melihat berbagai Kesiapsiagaan personil, baik itu peralatan, kendaraan hingga personil yang nantinya terlihat dalam pengamanan. 

"Pemeriksaan Pelengkapan perorangan masing-masing Personel Di Makosat dan Batalyon A Por Satbrimob Polda Jambi,"jelasnya.  

Alumni Akpol angkatan 1997 menjelaskan, kekuatan personil Brimob yang terlibat dalam pengamanan Kunjungan Kerja Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 110 Personel gabungan Staf Makosat, KI 1, 2, 4 Yon A Por dan Gegana Sat Brimob Polda Jambi. 

"Kita juga menerjunkan Tim Gegana dalam pengamanan Kunjungan Kerja Presiden dan Wakil Presiden RI ke Provinsi Jambi nantinya, " pungkas Kombes Pol Nadi Chaidir. (*)



BERITA BERIKUTNYA