Pengadaan iPad Dipertanyakan, Diusulkan 25 Unit Malah Jadi 35 Unit, Anggaran Membengkak

Rabu, 16 November 2022 - 07:54:12 WIB

IMCNews.ID, Sungai Penuh - Dengan alasan menunjang kinerja pengawasan, DPRD Kota Sungai Penuh mengusulkan pengadaan iPad jenis Apple pada anggaran 2022.

Pengadaan iPad ini dianggarkan senilai Rp500 juta. Namun pada kenyataannya ternyata jumlah pengadaannya bertambah menjadi 35 unit dengan nilai anggaran Rp700 juta.

Hal ini menimbulkan pertanyaan di kalangan anggota DPRD Kota Sungai Penuh sendiri. Anggota DPRD Kota Sungai Penuh, Fery Satria saat membenarkan ada pengadaan iPad untuk anggota DPRD dan pimpinannya. 

Dia mengatakan bahwa dirinya termasuk anggota dewan yang mengusulkan pengadaan iPad tersebut.

 

"Ya, saya usulkan awalnya 25 unit cuma untuk anggota dewan dan pimpinannya, tapi yg dikabulkan 35 unit, kita pun tidak tau kenapa sebanyak itu, apakah ada yang nebeng kita tidak tau, silahkan ditanyakan kepada sekretariat," jelasnya, Selasa (15/11/2022) kemarin.

Dia menyebutkan untuk anggaran yang diusulkan pengadaan iPad awalnya sebesar Rp 500 juta, namun karena ada penambahan unit, maka terjadi penambahan anggaran menjadi Rp 700 juta. 

"Anggaran untuk 1 unitnya di iPad itu nilainya Rp 20 juta, Tapi entah kenapa bertambah 10 unit lagi itu kita tidak tau," sebutnya.

Sedangkan untuk spesifikasinya, lanjutnya Fery dirinya tidak mengetahui karena dirinya Bersama anggota dewan lainnya hanya menggunakan iPad untuk penunjang kinerja dalam pembahasan sehingga tidak menggunakan kertas. 

"Kalau spek silahkan tanya dengan bagian sekretariat DPRD yang menganggarkan. Kalau kelengkapan yang diterima iPad dan Pena saja," pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Umum Sekretariat DPRD Kota Sungai Penuh, Suarman saat dikonfirmasi soal pengadaan iPad berlebih dari usulan dari anggota DPRD Sungai Penuh yang hanya mengusulkan untuk 25 unit di kabulkan 35 unit iPad, melalui ponselnya tidak diangkat di WhatApps belum ada balasannya. (*)



BERITA BERIKUTNYA