Wisata Alam Murah di Tengah Kota Jambi

Selasa, 28 Juni 2022 - 10:21:19 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Hutan kota Muhammad Sabki yang berada di Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, kini menjadi primadona pilihan wisata bagi masyarakat Kota Jambi. Hutan kota yang memiliki luas sekitar 11 hektare ini, kini memiliki berbagai koleksi flora dan fauna. 

Pengunjung wisata ditempat ini beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dari dalam kota dan luar kota Jambi. Warga yang datang pun disuguhkan dengan beragam koleksi binatang seperti, kijang, rusa, aneka burung, aneka unggas, dan ikan. Kemudian aneka tumbuhan seperti karet, bulian, dan lainnya.

Salah satu pengunjung, Ahmadi, warga Bukit Baling, Muaro Jambi mengatakan, jika Hutan Kota Muhammad Sabki menjadi daya tarik wisata tersendiri. 

"Bisa jadi wisata edukasi bagi anak-anak. Kita bisa mengenalkan berbagai koleksi flora dan fauna disini," katanya, Senin (27/6/2022). 

Dia menambahkan, lokasinya juga bersih dan memiliki berbagai fasilitas, seperti mushola, toilet, gazebo dan area bermain anak. 

"Tiket masuknya juga murah, untuk dewasa Rp5 ribu, dan anak-anak Rp3 ribu," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan jika Hutan Kota Muhammad Sabki memang akan dikembangkan sebagai wisata edukasi bagi masyarakat Kota Jambi. Ke depan, pengelolaannya akan diambil alih oleh BUMD Siginjai Sakti. 

"Sehingga pengelolaannya lebih tertata rapi, dan bisa juga menyumbang PAD bagi Kota Jambi," kata Maulana. 

Dia mengatakan, hutan kota menjadi salah satu favorit tempat wisata keluarga dalam kota hingga wisata ilmiah, karena nuansa alami yang ada di hutan kota, udara yang sejuk dan menyegarkan, juga sebagai penyumbang oksigen yang sehat, mengingat Hutan Kota masih memiliki ratusan hingga ribuan pohon besar sebagai penyerap Karbon Dioksida dari polusi kota.

"Bisa menjadi tempat edukasi bagi anak sekolah, dan lainnya," jelasnya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA