6.100 Benih Lobster Diamankan Polda Jambi

Kamis, 07 April 2022 - 18:14:45 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Sebanyak 6.100 ribu Beby lobster diamankan Polda Jambi, dari Kabupaten Batanghari. penggerebekan tersebut dilakukan pada Subuh hari , Kamis (07/4/2022).

Dalam hal ini pihak kepolisian berhasil mengamankan tujuh tersangka, beserta barang bukti untuk penangkaran benih lobster.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi Kombes Christian Tory mengatakan, bahwa mendapat laporan dari masyarakat ada penjualan benih lobster tempatnya di Kabupaten Batanghari.

"Maka dari itu kita turunkan anggota untuk meluncur TKP dan berhasil menemukan tempat penangkaran benih lobster,"katanya. 

Kemudian kata Kombes Christian Tory, pengungkapan kasus jaringan benih lobster yang mana akan di ekspor ke singapura, sedangkan beni tersebut.

"Dari kita tanya ke tersangka benih lobster dari jalur Banyuwangi, Lampung, Bengkulu dan baru di Jambi termasuk kabupaten Batanghari," kata Kombes Christian Tory pada Kamis (7/4).

Lebih lanjutnya, penangkapan tuju tersangka memiliki peran masing masing dan untuk berapa lama beroperasi tersebut ."Jadi mereka ini miliki bagian tersendiri, dugaan mereka sudah lama beraksi ya, namun ini berhasil kita ungkap dan selanjutnya akan kita lakukan pemeriksaan dan dalami tentang siapa bos dibalik mereka semua ini," tambahnya.

Saat ini, para pelaku beserta barang bukti sudah diamankan ke Polda Jambi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Pelaku diancam dengan pasal 90 jo pasal 26 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 2004 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan dengan ancaman maksimal 8 tahun penjara dan denda Rp 1,5 Miliar," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala BKIPM Jambi, Piyan Gustafiana mengatakan bahwa banyaknya kasus penyelundupan benih lobster ilegal karena tergiur akan hasil yang didapatkan.

"Memang keuntungannya menjanjikan, namun ini kan jelas kegiatan ilegal sehingga tidak boleh dilakukan," katanya.

Untuk benih lobster ilegal ini, rencananya akan dilepasliarkan di daerah Padang atau Pulau Berhala. (IMC02)



BERITA BERIKUTNYA