Pengurus DPW PAN Dilantik, BBS Dipercaya Sebagai Ketua Harian

Kamis, 06 Januari 2022 - 08:13:02 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Pengurus DPW PAN Provinsi Jambi periode lima tahun ke depan resmi dilantik oleh Ketua umum DPP PAN Zulkifli Hasan di Swiss-belhotel, Rabu (5/1) kemarin. Tak banyak berubah, pengurus inti masih diisi wajah lama. Ketua DPW PAN Provinsi Jambi dijabat H. Bakri, Sekretaris Ahmad Khusaini, dan Bendahara Pit Arzuna. Sedangkan BBS diangkat menjadi ketua harian DPW PAN Provinsi Jambi. 

"Ketua DPW PAN Jambi, H Bakri, Sekretaris Ahmad Khusaini dan Bendahara Pit Arzuna. Ketua Harian PAN Jambi, Bambang Bayu Suseno," kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno saat membacakan SK pengurus DPW PAN Jambi dan DPD PAN se-Provinsi Jambi. Di jajaran pengurus ada juga nama Endria Putra yang baru bergabung dengan PAN setelah terdepak dari tim inti Golkar beberapa waktu lalu. 

Sementara Ketua DPD PAN Kabupaten Kota juga masih sama dengan hasil Musda yang digelar Februari 2021. Sarolangun dipimpin Hermi, Merangin dipimpin Kausari, Bungo dipimpin Martunis, Tebo dipimpin Hamdi, dan Muarojambi dipimpin Masnah Busro. Kemudian Ketua DPD PAN Kota Jambi Rusli Kamal Siregar, Kerinci Muksin Zakaria, Sungai Penuh Yoshadi, Tanjab Barat Anwar Sadat, dan Batang Hari dipimpin Abdul Havis.

 Yang mengejutkan dari acara pelantikan kemarin adalah DPD PAN Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Robby Nahliyansyah yang ditunjuk sebagai Ketua DPD pada Musda 26 Februari 2021 lalu ternyata tidak masuk daftar yang dilantik. Menurut informasi, Robby sempat datang ke lokasi acara. Namun, Wakil Bupati Tanjabtim itu dikabarkan langsung ‘balik kanan’ meninggalkan lokasi pelantikan setelah mengetahui dirinya tak masuk dalam daftar ketua DPD yang akan dilantik.

"Beliau (Robby, red) tadi hadir. Tapi sudah pulang sebelum pelantikan dimulai," kata sumber yang merupakan pengurus DPW PAN Jambi yang enggan disebutkan namanya. Informasi yang beredar di lokasi acara, Robi kecewa tidak dilantik. Begitu juga para pendukungnya. Di luar ruang pelantikan, mereka terlihat menggerutu dan bertanya tanya kenapa sang ketua yang ditunjuk saat Musda tidak dilantik. 

Sebaliknya, Romi Hariyanto yang sudah terang-terangan meninggalkan PAN ternyata masih diistimewakan oleh para elit partai berlambang matahari terbit tersebut. Romi yang menyatakan mundur dari PAN 26 Februari 2021 terlihat hadir di acara pelantikan. Bupati Tanjabtim dua periode itu juga terlihat mengenakan jas kebesaran PAN warna Biru langit. 

Pantauan di lokasi pelantikan, wajah Romi terlihat sumringah. Dia duduk di kursi deretan para kepala daerah dari PAN. Dia juga terlihat akrab dan bersenda gurau dengan para kepala daerah dari PAN dan jajaran pengurus lainnya. 

Yang mengejutkan lagi, nama Romi dibakarkan bakal kembali didapuk sebagai ketua DPD PAN Tanjabtim. Bahkan informasi ini sudah santer mencuat sejak beberapa hari sebelum pelantikan. ‘’ Memang lihai dan luar biaso nian manuver Romi. Dio bakal ‘balik kandang’ lagi jadi ketua DPD PAN Tanjabtim,’’ kata sumber di internal PAN.

 Informasi lain menyebutkan, tidak dilantiknya Ketua DPD PAN Tanjabtim tidak lepas dari manuver yang dilakukan Romi. Masih menurut informasi, jauh sebelum pelantikan dijadwalkan, Romi disebut sebut menemui para elit di DPP. Informasi lain menyebutkan pihak DPP lah yang memanggil Romi. 

Kabarnya di pertemuan itulah terjadi lobi lobi atau kesepakatan. Pihak DPP menilai Romi sebagai kader istimewa. Ketika menjabat sebagai Ketua DPD, Romi sudah teruji mampu membuat kader PAN menguasai DPRD Tanjabtim dengan meraih 17 kursi atau lebih dari separuh anggota legislatif. 

Dengan raihan tersebut, PAN Tanjabtim menjadi perhatian khusus DPP. Oleh sebab itu, untuk menjaga soliditas dan suara PAN di Tanjabtim menghadapi pemilu 2024, maka perlu perlakuan khusus pula. Apalagi saat ini Romi masih menjabat sebagai Bupati Tanjabtim. 

Ditemui usai acara pelantikan, Romi tidak membantah maupun membenarkan dirinya ditunjuk lagi jadi Ketua DPD PAN Tanjabtim. Sambil senyum senyum dia mengaku hadir hanya sebagai undangan. "Saya hadir sebagai undangan. Mendapat undangan dari Ketum (Zulhas, red). Tidak mungkin saya tidak hadir, karena Ketum sangat berjasa bagi saya," kata Romi yang mengenakan jas PAN.

Ketika didesak dengan pertanyaan apakah dirinya akan menjadi Ketua PAN Tanjabtim, Romi menjawabnya singkat. "Jangan tanya saya, saya hanya sebagai undangan," ujarnya.

Sebelumya, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan secara tegas menyebutkan bahwa Ketua DPD PAN Tanjung Jabung Timur tidak dilantik, karena akan ada perlakuan khusus. Karena PAN Tanjung Jabung Timur merupakan pemenang dan dengan anggota DPRD terbanyak.

"Kenapa Tanjabtim, karena paling top se Indonesia. Nanti akan diagendakan secara khusus pelantikan PAN Tanjung Jabung Timur. Juga akan dilakukan pertemuan antara Romi Haryanto dan Robby Nahliansyah," katanya. 

Untuk diketahui, Romi sudah beberapa kali melakukan manuver politik yang membuat suasana di internal PAN memanas. Pertama, ketika maju di Pilkada serentak Desember 2020 lalu. Ketika itu, Romi yang mencalonkan diri untuk kedua kalinya berpasangan dengan Robby membuat keputusan berani. Keduanya memilih maju lewat jalur independent. 

Keputusan ini sempat membuat heboh jagat politik Jambi. Pasalnya, selain sebagai ketua DPD PAN, dengan menguasai 17 kursi di DPRD Tanjabtim, Romi-Robby sudah memenuhi syarat maju diusung partainya. Tapi keduanya memilih jalan lain. Namun belakangan PAN tetap mendukung Romi-Robby dan keduanya berhasil memenangkan petarungan di Pilkada tersebut. 

Sejak Pilkada itu, hubungan Romi dengan DPW PAN kurang harmonis. Menjalang Musda DPD PAN, Februari 2021 lalu, Romi kembali bermanuver kedua kalinya. Tiga hari jelang Musda, tepatnya 23 Februari 2021 dia menyatakan mundur dari ketua DPD PAN Tanjabtim dan tidak akan mencalonkan diri lagi. 

Tiga hari kemudian, tepatnya saat Musda, 26 Februari, Romi menyatakan mundur dari kader PAN. Keputusan Romi inipun sempat membuat heboh dunia perpolitikan di Jambi. Sementara dalam Musda ketika itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menunjuk Robby sebagai Ketua DPD DPD Tanjabtim. Padahal, saat itu Robby tidak mendaftar sebagai calon ketua. 

Sejak mundur dari PAN, Romi sempat diisukan bakal bergabung dengan sejumpah partai besar lainnya, Gerindra dan Demokrat. Namun, semua itu tidak terjadi. Kemana arah politik Romi baru menemui titik terang beberapa hari jelang pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN. 

Rabu kemarin semakin jelas, Romi hadir di acara pelantikan. Dan Ketua DPD PAN Tanjabtim tidak dilantik. Apakah Romi bakal benar benar balik kandang? Tunggu hasil pertemuan khusus Ketum PAN dengan Romi dan Robby. (IMC01) 



BERITA BERIKUTNYA