Beruang Masuk Kebun Resahkan Warga Rano

Kamis, 24 Juni 2021 - 06:16:39 WIB

Ilustrasi beruang di perkebunan warga. (ist)
Ilustrasi beruang di perkebunan warga. (ist)

IMCNews.ID, Muarasabak – Warga Kelurahan Rano, Kecamatan Sabak Barat Kabupaten Tanjung Jabung Timur diresahkan dengan kemunculan beruang dan berkeliaran di kebun warga. Bukan itu saja, beruang juga disebut merusak sejumlah tanaman warga.

Pihak BKSDA Provinsi Jambi yang menerima laporan ini begerak melakukan penyisiran. Ditemukan adanya dugaan tanaman yang memang dirusak beruang meski belum bisa dipastikan.

Polhut BKSDA, Sartono mengatakan sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan jika yang merusak tanaman warga merupakan beruang. Namun karena adanya laporan warga yang melihat pihaknya berusaha menyusuri keberadaan beruang tersebut.

"Jadi hari ini (kemarin) kita pasang kamera pengintai untuk memastikan,’’ katanya.
    
Saat ditanya habitat beruang, Sartono mengatakan tidak menutup kemungkinan wilayah Tanjabtim masih terdapat habitat beruang. Apalagi di wilayah Tanjabtim masih banyak dijumpai hutan.

"Kalau melihat hutannya tidak menutup kemungkinan masih ada. Makanya untuk memastikan kita pasang kamera pengintai," jelasnya.
    
Sartono juga memperlihatkan bekas sayatan di pepohonan yang menyerupai sayatan beruang. Di tambah lagi tanaman yang dirusak salah satu makanan beruang.

"Kalau memang ada pasti akan datang lagi, karena tanaman ini kesukaan beruang," bebernya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA