Prodi KPI UIN Jambi Realisasikan MBKM di Enam Media

Kamis, 07 April 2022 - 13:22:19 WIB

IMCNews.ID,Jambi - Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah (FD) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi. lakukan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut selama tiga bulan kedepan dan sebanyak 43 mahasiswa KPI ikut MBKM.

Ansusa Putra wakil dekan l fakultas dakwah mengatakan, Jadi sebenarnya sudah dikeluarkan oleh Kemendikbud Riset, sejak tahun 2020, akan tetapi realisasi nya tergantung dari perguruan tinggi masing masing. 

Dalam MBKM itu ada poin 8 yang diambil salah satunya bentuk magang."Jadi kami lihat bahwasanya prodi di fakultas dakwah itu udah siap melaksanakan MBKM,"katanya, pada Rabu (6/4).

Karena berapa mahasiswa di dakwah itu butuh skil di tempat kerja kata WD I fakultas dakwah, sehingga Memang di UIN Jambi, untuk melaksanakan MBKM, bentuk magang ini baru dilaksanakan di fakultas dakwah,dilakukan sama prodi KPI dan Jurnalistik Islam.  

"Ya kita akan berkelanjutan, akan tetapi dari pihak Universitas tersebut akan di mulai semester depan, Kita juga akan buat kebijakan,"tutupnya. 

Sementara itu Ketua Prodi KPI M. Junaidi Habe mengatakan, MBKM dilaksanakan berawal dari kegelisahan akademik. Lulusan dari perguruan tinggi kebanyakan tidak siap, sehingga diasumsi kan Kurang banyak praktek.

Menurut aturan Kemendikbud, serta peraturan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pasal 18, program MBKM.

Sehingga jalannya program di mahasiswa semester enam, sudah melaksanakan diluar kampus untuk praktek kerja. 

Sehingga untuk prodi KPI melakukan MBKM, dilapangan dengan tujuh mata kuliah dilakukan oleh mahasiswa tersebut.

Kemudian, Prodi KPI ada enam lembaga yang support dalam melakukan MBKM, yaitu Jambi TV, Jektv, Tribun Jambi, Radio Manggis, D radio, Pusat kajian TV dan Radio.

"Jadi harapan kita bagaimana adek mahasiswa bisa langsung praktek dan turun kelapangan dengan bekal ilmu yang mereka miliki,"kata Junaidi.

"Saya juga mengapresiasi dari enam lembaga yang menerima mahasiswa kita untuk melakukan MBKM di tempatnya,"tambanya. 

Sementara itu mahasiswa sebanyak 43 orang yang ikutin MBKM. Dalam hal ini untuk pertama kali melakukan tersebut. 

"Kita akan berkelanjutan juga melakukan MBKM,"tutupnya. (IMC02) 

 



BERITA BERIKUTNYA