Erick Thohir Pastikan PLN Batubara Diubarkan

Selasa, 18 Januari 2022 - 16:48:43 WIB

IMCNews.ID, Jakarta - Anak perusahaan PT PLN, yakni PLN Batubara dipastikan dibubarkan meski belum ada kepastian kapan pembubaran itu akan dilakukan. 

"Sekarang kami lagi kaji secara teknis untuk pembubarannya," kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, Senin (17/1/2022) dikutip dari IDNTimes.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir bertekad melakukan transformasi di tubuh PLN pada tahun ini.

Sebelum PLN, Kementerian BUMN terlebih dahulu melakukan transformasi di Pertamina, Pelindo, Telkom, Bank-bank Himbara, dan Klaster Kesehatan.

"Salah satunya adalah tadi bagaimana kita akan juga me-review keberadaan PLN Batu Bara yang merupakan anak perusahaannya PLN. Jangan sampai ini jadi kepanjangan birokrasi lagi yang tidak penting," kata Erick.

Di sisi lain, Erick menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dewan Direksi dan Dewan Komisaris PLN yang sedikit demi sedikit telah memperbaiki kinerja keuangan perseroan.

Mereka, kata Erick, sudah sanggup menekan capital expenditure (capex) atau belanja modal PLN hingga Rp24 triliun.

"Kan ini penghematan luar biasa. Lalu utang PLN turun dari Rp500 miliar menjadi kalau nggak salah Rp460 miliar. Jadi, sebenarnya kalau mau bisa, efisiensi harus terus dilakukan di seluruh BUMN," ucapnya. 

Oleh karena, itu, Erick meminta kepada seluruh Dewan Direksi dan Dewan Komisaris BUMN, termasuk PLN untuk serius bekerja agar bisa terus memberikan laba atau keuntungan bisnis bagi BUMN.

"Kita sudah membuktikan konsolidasi keuangan BUMN yang tadinya hanya Rp13 triliun, sekarang bisa untung Rp61 triliun. Jadi sebenarnya bisa kalau mau, karena itu saya mengahrapkan yang namanya dewan komisaris dan dewan direksi harus benar-benar fokus bekerja, bukan fokus pencitraan, kerja yang benar nanti dapat apresiasi dari saya dan masyarakat," beber Erick. (IMC01) 



BERITA BERIKUTNYA