Lebih dari Setahun Tak Ada Aktivitas Penerbangan di Bandara Bungo

Sabtu, 11 September 2021 - 08:46:04 WIB

Suasana di bandara Bungo. (ist)
Suasana di bandara Bungo. (ist)

IMCNews.ID, Muaro Bungo - Sejak 24 April 2020 hingga saat ini, tak ada maskapai penerbangan yang membuka penerbangan ke Bandara Muara Bungo. Hal ini disampaikan Kepala Bandara Muara Bungo Sigit Budiarto. 

"Praktis tak ada penerbangan lebih dari setahun, tapi kami komitmen untuk menjaga dan merawat bandara ini, dan tetap menjaga semangat personel," kata Sigit.

Bandara Muara Bungo merupakan bandara yang masih dalam pengelolaan Satuan Kerja Kementerian Perhubungan RI. 

Sebelumnya, dari bandara ini melayani penerbangan Jakarta - Muara Bungo yang diterbangi NAM Air dan Citilink. Selain itu, penerbangan reguler Wings Air rute Jambi - Muara bungo - Kerinci dan sebaliknya.

"Sekarang tak ada pesawat, bahkan Wings Air juga sudah menarik asetnya sejak 1 September 2021 lalu," katanya.

Tak adanya penerbangan langsung maupun tidak langsung ke Bandara Muara Bungo juga berpengaruh terhadap aktivitas di Bandara Depati Parbo Kerinci yang juga praktis tidak ada penerbangan lagi. 

"Bandara Kerinci tergantung penerbangan dari Bungo ini, selama ini ada penerbangan pesawat ATR dari Wings Air rute Jambi - Muara Bungo - Kerinci dan sebaliknya. Sekarang tidak ada lagi," katanya.

Menurut dia, sempat beberapa waktu lalu ada rencana penerbangan pesawat jenis ATR atau baling-baling untuk kembali terbang ke Muara Bungo. Namun peningkatan status COVID-19 menyurutkan kembali rencana itu.

"Sempat ada pembicaraan dari sebuah maskapai, untuk menerbangkan pesawat ATR ke sini, namun keburu ada PPKM dengan sejumlah persyaratan bagi penerbangan dan calon penumpangnya," ungkapnya. 

Dia menyebutkan, bandara itu memiliki 60 personel baik untuk pelayanan maupun manajemen. Sebagai Satuan Kerja di bawah Kementerian Perhubungan, Sigit mengaku berusaha untuk tetap menjaga suasana dan ritme kerja yang disesuaikan dengan kondisi belum adanya layanan penerbangan ke bandara itu.

"Pemeliharaan peralatan, sarana dan prasarana rutin dilakukan. Landasan pacu dan areal di sini tetap kami jaga dan bersihkan, dan berharap nanti segera ada lagi penerbangan ke bandara ini," ujarnya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA