Politik

Jalan Buntu Pengajuan Cawagub, Partai Koalisi Minta Tambahan Waktu Lagi

Jul 17, 2019 07:40
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pengusulan nama pendamping Fachrori sebagai Wakil Gubernur (Wagub) belum juga tuntas. Padahal, Pansel Cawagub DPRD Provinsi Jambi telah menetapkan batas akhir pengajuan pada Selasa (16/7/2019) kemarin hingga pukul 00.00 WIB. 

Ketua Pansel Cawagub, Nasri Umar telah menegaskan hingga batas akhir waktu kemarin tak ada surat pengajuan nama yang masuk kepada pihaknya. 

"Tidak ada, sampai tadi malam tidak ada surat pengajuan nama yang masuk ke meja Pansel," ujar Nasri Umar. 

Terkait adanya surat permohonan yang masuk untuk perpanjangan waktu lagi pengajuan nama Cawagub, Nasri Umar mengakui memang ada. 

"Kita patokannya ke jadwal. Ada surat yang masuk permohonan perpanjangan itu nanti akan kita rapatkan dulu. Pansel ini ada sembilan orang, tidak bisa diputuskan saya sendiri," jelasnya.

Lantas apa yang bakal dibahas Pansel, Nasri mengatakan pihaknya akan melihat legalitas surat tersebut. 

"Kita lihat nanti dirapat Pansel. Apa dasar hukumnya, legalitas suratnya. Jadi lihat saja nanti bagaimana hasil rapat," tegasnya. 

Sebelumnya, PKB dan Hanura dikabarkan mengajukan surat permohonan perpanjangan waktu lagi kepada DPRD Provinsi Jambi untuk pengajuan dua nama Cawagub ini. 

Sementara Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H Bakri, Selasa (16/7/2019) kemarin mengaku kesulitan untuk menjalin komunikasi dengan partai koalisi. 

"Sampai saat ini kita masih menunggu," katanya di kantor DPW PAN Provinsi. 

Bakri mengakui, sebelumnya sudah ada pertemuan di Jakarta dengan PBB dan Hanura. Dalam pertemuan itu, disepakati untuk mengusulkan nama H Rahman dan Madian Saswadi. 

Namun belakangan, PKB mengusulkan satu nama, yakni Amin Nasution. Akan tetapi, saat akan mendaftarkan nama itu ke DPRD, malah terjadi ganjalan. 

"Saat hendak mau melakukan pendaftaran kemarin, PBB dan Hanura tiba-tiba hilang, sinyal kurang, tidak bisa dihubungi," katanya. (IMC02)