Jambi Terkini

Bulog Jambi Jamin Pasokan Beras Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Dec 4, 2018 01:27
Ilustrasi persediaan beras di gudang Bulog Jambi. (ist)
Ilustrasi persediaan beras di gudang Bulog Jambi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jambi menegaskan, pasokan beras untuk Provinsi Jambi aman dalam menghadapi momen perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 aman.  Sehingga masyarakat diimbau tidak perlu khawatir.

"Ketersediaan stok beras di Jambi aman, karena kami sudah mengantisipasi sebelumnya," kata Kepala Divre Bulog Jambi Bakhtiar AS, Senin (3/12/2018).

Saat ini ketersediaan pasokan beras yang dimiliki Bulog Jambi capai 14.000 ton atau mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama lima hingga enam bulan kedepan dan pasokan beras tersebut juga tersedia di gudang sub-divre Bulog yang tersebar pada sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Dengan persediaan beras hingga enam bulan ke depan itu dipastikan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama hari besar keagamaan Natal dan perayaan libur Tahun Baru," kata Bakhtiar.

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan harga beras di pasaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru itu, pihaknya telah menggelar operasi pasar khususnya pada pasar-pasar tradisional yang ada di Provinsi Jambi.

"Kami lakukan kegiatan pengendalian dan stabilisasi harga dan itu kita bersinergi dengan berbagai pihak di Jambi," katanya menjelaskan.

Selain itu pihak Bulog Jambi juga bersinergi dengan mitra Bulog yang tersebar di sejumlah daerah sehingga ketersediaan beras terjaga di pasaran dengan harga cukup stabil.

"Kita perkuat juga ketersediaan dijaringan pada Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai mitra Bulog," katanya.

Sementara itu, harga beras yang dipantau oleh Disperindag Provinsi Jambi di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi masih cenderung normal dan stabil.

Disperindag Provinsi Jambi memantau perkembangan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat di tiga pusat perbelanjaan, yakni Pasar Induk Angsoduo, Pasar tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai.

Harga beras kualitas premium (merek Anggur) masih bertahan Rp13.000 per kilogram dan kualitas dua (merek King, Belida) juga stabil yakni Rp11.000 per kilogram. Sedangkan harga beras kualitas medium Rp9.000 per kilogram. (IMC01)