Hukum

Polisi Proses Tiga ABG Terlibat Pencurian Kabel

Aug 21, 2019 12:03
Tiga pelaku yang berhasil diamankan polisi. (Hapsun Hafiz/IMCNews.ID)
Tiga pelaku yang berhasil diamankan polisi. (Hapsun Hafiz/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi – Kasus pencurian kabel yang melibatkan ABG yang masih di bawah umur, yakni TG (16) RN (14) dan EH (12) terus bergulir. Kapolsek Telanaipura AKP Yumika mengaku sebelumnya telah berupaya mendamaikan secara kekeluargaan, namun menemukan jalan buntu.

"Ya pasal tentang pencurian, sebelumnya belum tahu pasal apa yang akan dikenakan. Berhubung korban tidak bersedia di selesaikan secara kekeluargaan, harus dikenakan pasal, tapi penanganannya secara hukum yang berlaku untuk anak di bawah umur," katanya, Selasa (20/8/2019) kemarin. 

Sebelumnya, tim opsnal Polsek Telanaipura mengamankan tiga tersangka saat tengah beraksi. Dari tangan ke tiga pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa puluhan kabel yang telah dipotong mengunakan tang. 

“Waktu itu sudah diupuayakan diselesaikan secara kekeluargaan, karena pelaku masih di bawah umur, tapi korban tidak mau,” sebutnya.

Untuk itu kasus tersebut akan terus berjalan hingga ke persidangan. Saat ini pihak jaksa penuntut umum (JPU) memberikan waktu kepada pihak ke polisian selama 14 hari kedepan agar memyelesaikan berkas tahap 1.

“Ini masalahnya anak di bawah umur, jadi harus cepat diselesaikan, nanti juga ada pendampingan untuk para tersangka," ujarnya. 

Pasal yang akan dikenakan kepada tiga tersangka yakni pasal 363 ayat 2 dengan kurungan penjara maksimal 7 tahun penjara.

Dia menyampaikan, saat diinterogasi polisi, TG mengaku jika kabel tersebut akan dijual tembaganya. Kemudian hasilnya digunakan untuk bermaian di warung internet (warnet). Sisanya, kata Yumika berdasarkan keterangan pelaku, akan digunakan untuk kebutuhan jajan di sekolah. (IMC01) 

Kontributor: Hapsun Hafiz